Imammudin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
  • koran.net
  • Sampai Kapan?


    Aku kan..
    Datang untukmu..
    Disaat kau menginginkan ku..

    “emm kenapa beb malem-malem gini telfon? Gak bisa tidur ya..” tanya eras dari sebrang sana masih setengah sadar.
    “he’eh temenin aku dong” pinta kikan.
        Seperti biasa kikan sering susah tidur dan kebiasaanya membangunkan eras tengah malam seperti ini sudah menjadi kebiasaannya selama kurang lebih 3 bulan ini.
    Dan kalau sudah seperti ini biasanya mau gak mau eras harus melek semaleman nemenin kikan yang gak bisa tidur.
    Dan akhirnya eras sering sekali kena tegur oleh guru karna tidur disaat pelajaran.
     Jangan salah walau pun eras dan kikan sudah terlihat seperti layaknya orang pacaran tapi sebenarnya mereka belum jadian, belum ada yang menyatakan cintanya diantara mereka berdua. Sebenarnya mereka berdua tidak mempunyai status yang jelas, dibilang temen, nyatanya lebih dari itu. Dibilang pacar, juga mereka belum resmi jadian. Mungkin ‘hts’an(hubungan tanpa status) kali ya atau ttm(teman tapi mesra) gitu.
       

     Eras berjalan menuju kantin namun saat ia berjalan melewati koridor kelas XI.ipa2, eras melihat kikan sedang belingsatan mengeluarkan semua isi tasnya.
    “kamu nyari apa?” tanya eras yang berjalan mendekati kikan.
    “aku nyari buku pr matematika aku” jawab kikan masih terus mengoprak ngaprik tasnya berharap ia menemukan buku prnya itu.
    “ya ampun.. kan, maaf aku gak bawa buku pr kamu” eras menaruh tangannya didahinya.
        Pandangan kikan pun beralih dari tasnya ke eras “lupa bawa buku pr aku?” tanya kikan heran.
    “iya.. kamu lupa ya.. 2 hari yang lalu kan kamu minta tolong sama aku buat kerjain pr kamu, tadi malem aku udah kerjain pr kamu itu tapi tadi pagi aku lupa masukin ketas, jadinya ketinggalan deh” jelas eras.
    “oh iya.. yah.. terus gimana dong ras, bisa mampus aku kalo gak ngumpulin itu pr. Kamu tau sendirikan gimana sadisnya pak gilang walaupun tampangnya cakep gitu” ujar kikan.
    “mm itu pr buat pelajar keberapa sih?” eras kembali bertanya.
    “mm sekarang pelajaran jepang dulu satu jam abis itu baru deh matematika”

        Sejenak eras berfikir ‘ck mau gimana lagi , kayanya gue harus pulang kerumah ambil tu buku. Kalau nyalin prnyanya lagi, kayanya gak mungkin deh orang prnya 50 nomer jawaban panjang semua lagi’ batin eras.
    “mm bentar ya kan aku mau pulang ambil buku kamu dulu” ujar eras seraya langsung pergi kekelasnya untuk mengambil kunci motor.
    “ras.. eras..” kikan terus memanggil namun eras tak mempedulikannya ia terus berjalan menuju kelasnya


     Sesampainya dikelas eras segera merogoh tasnya. tak perlu waktu lama, dengan mudah ia menemukan kunci motornya.
    “mau kemana lo?” deva bertanya saat eras henda melangkakan kakinya.
    “balik kerumah bentar, buku prnya kikan ketinggalan” jawab eras nyantai.
    “yakin lo mau balik” tanya deva meyakinkan.
    “yakin, kenapa sih?” eras balik bertanya.
    “pelajaran abis ini kan fisika dan hari ini tuh fisika ulangan” jelas deva.
    “mampus gue lupa” nahlo, eras benar-benar lupa kalau hari ini ulangan fisika, pelajaran abis ini lagi “ck, trus gimana dong? Gue udah terlanjur bilang mau ngambilin bukunya, lagiankan ini salah gue juga, gue lupa bawa buku pr dia” ujar eras sedikit panik.
       Deva hanya mengangkat kedua bahunya “kalo gak lo minta tolong aja sama orang rumah lo buat nganterin tuh buku kesini” deva mencoba mencari solusi.
    “ck dirumah gue mana ada orang sih jam segini” ujar eras.
         Diam sejenak. Keduanya berfikir bagaiman baiknya. Setelah beberapa menit berfikir akhirnya eras pun memutuskan.
    “hhh ck mau gak mau gue balik deh ngambil tu buku pr” eras pun memutuskan dan keputusannya adalah jatuh kepada rencana pertamanya yaitu pulang dan ambil buku pr kikan yang lupa ia bawa.
       “yaudah deh terserah lo aja, gue doain aja deh semoga bu dini gak masuk jadi gak jadi ulangan fisika” eras dan deva mengusapkan telapak tangannya kewajahnya seperti orang yang habis berdoa.
       Untuk mempersingkat waktu eras tanpa berba-bi-bu langsung pergi setengah berlari manuju keparkiran.
    ‘hhh tu anak apa sih yang enggak buat kikan, ampe keancem gak ikut ulangan dan udah bisa dipastiin gak ada ulangan susulan yang berarti nilai dia bakal kosong aja.. dia masih nekat mentingin kikan, udah cinta mati kayanya nih anak sama kikan’ deva hanya bisa membatin sambil menggeleng-gelengkan kepalanya melihat tingkah sahabatnya yang kalau udah sayang sama orang gak akan setengah-setengah. Kaya gini nih, kata-kata gombal yang terdiri dari kata-kata berikut : apa sih yang enggak buat kamu, itu bukan hanya sekedar gombalan-gombalan biasa, bagi eras itu adalah kenyataan. Ia akan melakukan apa aja selagi dia mampu untuk orang yang ia sayang.
     










    Tapi kau..
    Pergi...
    Sesuka hati mu..
    Sampai kapan kau begini....

        bel sekolah berdering nyaring selama 3 kali menandakan pelajaran hari ini telah berakhir.
    Semua wajah kusut murid2 sma pelita bangsa berubah menjadi cerah2 kembali saat mendengar nada surga (lebay) yang sebenernya gak merdu.
       Eras berjalan menuju kelas XI.ipa2 ya.. untuk apa lagi, pastinya untuk menemui kikan.
    Tak perlu susah payah eras sudah mendapati kikan sedang duduk didepan kelasnya.
    “hei..” sapa eras seraya duduk disebelah kikan.
    “hei ras.. makasih ya tadi udah mau ambilin buku pr aku” kikan tersenyum sangat manis membuat eras hanya bisa cengo.
    “tapi maaf.. gara-gara kamu ambilin buku pr aku, kamu jadi gak ikut ulangan fisika berarti nilai kamu kosong dong, maaf ya.. aku bener-bener enggak enak sama kamu” kikan terus meminta maaf ia merasa tidak enak pada eras atas kejadian tadi siang itu.
    ‘kikan.. mau senyum, cemberut, marah tetep cantik’ batin eras.
    “gak papa kok, lagian itukan salah aku, aku yang lupa bawa buku pr kamu udah ah gak usah minta maaf terus” ujar eras mengusap lembut rambut kikan.
       

    4 hari kemudian
     Eras terus menempelkan hapenya ditelinganya. Berkali-kali ia tekan beberapa digit nomer yang sama, namun hasilnya sama aja.
    “ck kamu keman sih kan? Kemaren nomer kamu gak aktif sekarang aku telfon gak diangkat-angkat, disekolah juga kamu susah banget dicari” gumam eras yang masih terus berusaha manghubungi kikan.
        Memang sudah empat hari ini kikan sangat sulit untuk dihubungi. Ini bukan yang pertama kali terjadinya lost contact antara eras dan kikan. Sebenarnya sudah sering hal ini terjadi. Kikan yang tiba2 beberapa hari menghilang gak ada kabar namun setelah itu hadir kembali dalam hidup eras.
      Kalau sudah bagini eras hanya bisa uring-uringan, ia tak mengerti dengan sikap kikan yang datang dan pergi seenaknya.
         Eras ingin sekali marah pada kikan, namun ia sadar, ia bukan siapa-siapanya kikan. Eras merasa gak berhak buat marah sama kikan.
    ‘sampe kapan ya gue kaya gini sama kikan, gak ada status?’ itu yang selalu ada didalam fikiran eras.
           Sekali lagi eras mencoba untuk menghubungi kikan. Satu persatu digit nomor hape kikan ia tekan. Setelah ia menekan tombol hijau dihapenya ia letakan hapenya ditelinganya, nyambung. Telfonnya nyambung.
       Tuuut... ttuuuu... tuuut...
    ‘ayo dong kan angkat telfon aku’ eras terus berharap ada suara kikan  yang menjawab telfonnya diseberang sana.
        Dan benar saja harapan eras terkabul, kikan menjawab telfonnya.
    “halo..”
    “kikan kamu kenpa sih, aku telfonin dari tadi gak diangkat-angkat, kemaren gak aktif? Kamu kenapa sampe lost conact lagi kaya gini?” eras langsung menyerang kikan dengan semua pertanyaan2 yag pasti akan ia ajukan saat kikan lost contact seperti sekarang.
       “beb aku gak kenapa-kenapa, aku tadi lgi keluar terus hapenya aku tinggal di kamar” jelas kikan dengan alasan yang sudah sering ia berikan kepada eras.
    “terus kalo kemaren malem?” eras terus bertanya.
    “itu..” kikan baru saja mau memberikan alasn-alasannya lagi tapi sudah terpotong.
    “jangan bilang hape kamu batrenya abis gara2 dimainin sama adek kamu itu dan pas mau ngecas casannya ilang entah kemana” eras segera memotong omongan kikan dan segera menebak alesan apa yang akan diberikan kikan kepadanya.
    “ya emang begitu kenyataanya bebh, tapi aku gak bisa ngecas bukan gara2 casannya ngilang” ujar kikan.
        “emng kenapa?” lagi2 eras bertanya.
    “dirumah aku mati lampu” jawab kikan.
    “ah alesan aja”
    “loh.. itu emang bener ras, udah ah jangan marah dong” rayu kikan.
    “siapa yang marah” ujar eras ketus.
    “kamu”
    “enggak kok” sangkal eras “aku gak marah sama kamu, aku kan bukan siapa-siapa kamu jadi apa hak aku marah sama kamu” lanjut eras.
    “kok kamu ngomonnya gitu sih?”
    “ck udah deh lupain aja omongan aku yang tadi. Mm besok malem bisakan kamu dateng ke taman biasa?” ujar eras.
    “mm... bisa, emang mau ngapain?” kikan balik bertanya.
    “ok besok jam 8 kamu aku tunggu ditaman biasa. Don’t be late beb” setelah eras selesai berbicara eras langsung memutuskan telfonnya. Meninggalkan kikan yang masih dengan tanda tanya dikepalanya.
       

    Eras
     Eras sudah siap disebuah taman kota dari jam 7 malam, satu jam sebelum ia janjian dengan kikan. Ia kembali mengecek semuanya. Ia tak mau ada kesalahan sedikit pun saat nanti ia beraksi.
       Yups, eras berniat untuk menyatakan perasaannya pada kikan ia ingin mempunyai kejelasan dalam statusnya selama kurang lebih 3 bulan menjalin hubungan tanpa status dengan kikan.
           Rencananya eras akan menyatakan perasaannya dibawah pohon besar. Disana ia akan menyatakan perasaannya dan saat bersamaan lampu-lampu kecil yang ia taro beserta burung-burung origami yang sudah ia pasang dipohon besar itu akan hidup mengihiasi pohon.
       


    dibandara pada saat yang bersamaan.
    “kikan....” mendengar namanya dipanggil kikan pun melihat kearah suara itu berasal.
      Ia mendapati sesosok laki-laki yang sudah 2 tahun tak ia jumpai. Tanpa basa basi laki-laki itu langsung memeluk erat kikan.
    “gege.. sakit tau”  ujarya saat mencoba melepaskan pelukan gege.
    “hehehe maaf, abis aku kangen banget sih sama kamu” ujar gege melepaskan pelukannya itu.
    “kok kayanya kamu gak seneng ngeliat aku udah pulang” ujar gege tiba-tiba saat melihat kekecewaan diwajah kikan.
    “hem, enggak kok, aku seneng banget kamu udah balik lagi” kikan mencoba untuk menyangkal dengan mengembangkan senyumnya yang tulus sesempurna mungkin.
    “oh aku kira kamu gak suka ngeliat aku disini” ujar gege lega.
    “mm aku laper nih, cari makan yuk” ajak gege.
        Satu fakta baru, gege adalah pacar kikan yang 2 tahun lalu pindah ke australi.
    Kikan tak tau apa yang telah terjadi pada dirinya. Seharusnya ia senang atas kepulangan gege, yang sudah menjadi pacarnya selama dua setengah tahun ini. Tapi kenapa yang kikan rasa kekecewaan.
      “kamu kenapa, kok gak tenang gitu sih?” gege yang menangkap kegelisahan didiri kikan yang dari tadi kebanyakan bengong dan lebih sering melihat jam tangannya dari pada memakan nasi gorengnya.
     “kikan, kamu kenapa?” sekali lagi gege bertanya karena pertanyaan pertamanya tadi tidak digubris oleh kikan.
    “kikan, kamu kenpa sih?” kali ini sura gege sedikit meninggi dan tanggannya menyenggol lengan kikan.
    “hah, kenapa ge?”
    “kok balik nanya sih? Kamu yang kenapa dari tadi bengong terus” ujar gege.
    “aku.. mau pulang ge, aku gak enak badan” pinta kikan.


    Ditaman
          Untuk kesekian kalinya eras melihat jam tangannya. Sudah satu setengah jam ia duduk dibawah pohon menunggu kedatangan kikan.
    Eras terus berharap ia akan menemukan kikan berada di taman itu. Ia tak mau beranjak dari tempatnya dimana sekarang ia berada.
      Tangannya meraih sebuah gitar yang tergeletak disebelahnya.
    Eras memetik senar senar gitar tersebut. Mengalun jelas nada yang indah tercipta dari petikan-petikan yang dimainkan eras.
    Ia pun mulai bernyanyi.

     Sampai kapan..
    Kapan sampai kapan..
    Kita bisa bertemu..
    Sampai kapan..
    Kapan sampai kapan..
    Kita bisa berdua..

    Slama ini..
    Slama ini ku ingin kita bersama...
    Slama ini..
    Slama ini ku ingin kita bercinta..Slamanya...

    Sebuah lagu yang benar-benar menggambarkan hati eras terdengar mengalun diiringi petikan gitar.
    “kikan.. aku Cuma mau bilang, kalau aku sayang, aku cinta sama kamu. aku mau kamu jadi orang yang bisa aku milikin seutuhnya. Bisa hadir disetiap hariku. Aku juga mau status yang jelas dari kamu. aku udah capek jadi hts’an kamu. aku mau jadi pacar kamu yang resmi. Aku slalu ada buat kamu, tapi kamu selalu gak ada buat aku. Aku bukannya mau minta balasan dari kamu tapi... aku juga butuh kamu” ujar eras lirih.
       Eras merasa dirinya dan hatinya sudah lelah. Lelah untuk menanti, lelah untuk berharap, lelah untuk bersabar. Ia pun beranjak dari duduknya dan pergi meniggalkan taman itu.
       

     ‘eras maaf, kalo aku Cuma bisa nyakitin kamu dengan memberi harapan kosong kekamu. Aku gak bermaksud untuk membuatmu seperti ini. Tapi... gak bisa aku pungkiri, aku juga sayang, cinta sama kamu. tapi mau gimana lagi aku udah punya gege yang udah terlalu baik dan terlalu lemah untuk aku sakiti. Aku gak tega dan aku gak kuat buat nyakitin dia’ batin kikan yang memandang eras dari jauh.
        Walau pun ada jarak yang cukup jauh antara dirinya dan eras, kikan tetap masih bisa mendengar jelas apa yang diucapkan eras. Matanya meneteskan sebuah butiran bening yang dengan cepat meluncur dipipinya.




                                   TAMAT

    Creative by R. A Monica. Ps
    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 komentar:

    Posting Komentar